Selasa, 30 Agustus 2016

Medan Generasi Impian Gelar Seminar



Medan Generasi Impian atau disebut juga dengan ADRF Indonesia menggelar Seminar yang bertemakan “ Teaching With Heart” yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016 di Gedung Psikologi Universitas Medan Area Lt.3.  Dan seminar kali ini tidak jauh berbeda dengan seminar sebelumnya dibulan Januari 2016, karena pembicaranya sama yaitu Mr. Park Jang Hwan seorang relawan Pendidikan Mancanegara juga seorang Master Guru Korea Selatan.

Seminar ini juga dihadirin oleh Mahasiswa dari beberapa Universitas, Komunitas dan Umum. Dan yang hadir ada sekitar 50 orang kurang lebih karena memang terbatas untuk pendaftaran sebagai peserta. Sebelum acara seminar dimulai, peserta yang hadir harus register ulang di depan pintu masuk gedung, lalu menulis harapan masing-masing tentang moral apa yang harus dimiliki pemuda-pemudi Indonesia untuk sekarang dan 10 tahun yang akan datang di kertas karton yang ditempelkan di dinding. Juga disuguhkan tampilkan akustikan untuk menghadirkan suasana yang easy going
Pembukaan Seminar "Teaching With Heart"

Waktu yang dibutuhkan untuk seminar kemarin sekitar 3 ½ jam, dari pukul 09:00-12:30 WIB lebih 30 menit dari waktu yang diharapkan, tapi disetiap sesi semuanya berjalan dengan lancar dan seru karena banyak hal yang saya dapat. Ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh Mr Park Jang Hwan sangat membuat saya tertegun dan luar biasa, andai Indonesia mempunyai struktur Pendidikan seperti Korea Selatan maka takkan ada anak yang malas untuk belajar, takkan ada orang tua yang tidak memperhatikan Pendidikan anak dan pastinya takkan ada mirisnya Pendidikan moral anak Indonesia.

Sahabat tau tidak?,,,Korea Selatan memiliki sistem Pendidikan yang sangat baik dan salah satu yang menjadi mata pelajaran yang harus ada setiap harinya diseluruh sekolah adalah tentang “Pendidikan Moral”. Karena membangun moral anak bangsa adalah yang utama di Korea Selatan. Malah disetiap sudut dinding sekolah dipasang poster/gambar yang memiliki nilai-nilai yang berhubungan dengan Moral anak Bangsanya agar dapat dibaca.  Sebagai contoh seperti :


Dilarang Merokok disekitaran Sekolah



Hargai Orang yang Lebih Tua

 
Saat Mr. Park Jang Hwan memberikan materi

 Dan dibuat dengan semenarik mungkin, malah terkadang hasil karya anak-anak membuat poster tentang “Pendidikan Moral” diletak di sekitaran sekolah dan sangat dihargai oleh para Guru. Seperti yang dibilang oleh Mr. Park Jang Hwan, Pendidikan di korea baik tingkat SD, SMP, dan SMA mempelajari Pendidikan Moral salah satunya untuk dapat pemahaman tentang diri sendiri, keluarga, masyarakat dan Negara. 

Di Korea Selatan untuk Pendidikan Moral bukan hanya sekedar dipelajari tapi ada tes ujiannya juga.

Banyak hal yang didiskusikan bersama Mr. Park Jang Hwan dan  karena mengingat waktu yang sudah selesai maka dilanjutin besok harinya pada tanggal 24 Juli 2016 di hari Minggu bertempat di Base camp Medan Generasi Impian di Jalan Gunung Singgamata No. 21. Kegiatan diskusi dimulai dari pukul 09:30-13:30 WIB yang dimulai dari diskusi, presentasi dari masing-masing group ( karena kita dibuat beberapa group/kelompok belajar dalam diskusi bersama Mr. Park Jang Hwan), sholat , makan bersama dan terakhir kita berpoto bersama ( peserta, relawan MGI dan Mr. Park Jang Hwan).
Saat berdiskusi, setiap group harus menampilkan hasil diskusinya.


Yang paling menarik saat berdiskusi hari kedua adalah, kita dikasih tau tips oleh Mr. Park Jang Hwan tentang efektifnya satu group/kelompok belajar seharusnya berapa orang dan posisi duduk juga mempengaruhi. Dan ini sudah dilakukan observasi kesetiap sekolah di Korea Selatan oleh Tim nya Mr. Park Jang Hwan.
Yaitu setiap group/kelompok belajar maksimal harus 4 orang tidak lebih dan harus seimbang jumlah antara anak perempuan dan anak laki-laki yaitu 2 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki, dimana posisi duduknya harus saling berhadapan dengan lawan jenis baik didepan maupun disamping. Karena itu lebih memudahkan saat  berlangsungnya proses diskusi.
Akhirnya selesai, dan maaf jika ada salah kata dari tulisan saya. Selamat membaca ya…..^_^.

 
Photo bersama dengan Mr.Park Jang Hwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar